Penyebab suara motor matic seperti nembak

OTOProid - Pernahkah sobat pada saat mengendarai sepeda motor, lalu tiba-tiba terdengar suara ledakan dari motor pengendara lain? atau mungkin sobat merasakan pada motor matic sendiri?
tentu hal ini membuat kaget, kalau ini terjadi pada motor sendiri, pastinya malu apalagi lagi boncengin cemeweu...




Dalam artikel kali ini OTOProid akan membahas tentang Penyebab suara matic seperti nembak.

Terjadinya suara ledakan pada knalpot biasa dirasakan saat mengurangi laju kendaraan atau pada saat menurunkan gas motor.

Berikut ini penyebab suara motor matic seperti nembak

1. Karet vakum yang sudah mengeras



Karet vakum merupakan komponen yang berfungsi mengangkat skep naik untuk membuka lubang venturi, karet vakum yang mengeras menyebabkan lubang venturi tidak terbuka maksimal sehingga hasil dari pencampuran udara dan bahan bakar tidak tersuplai maksimal. akibat dari karet vakum mengeras juga dapat mengakibatkan kecepatan mesin berkurang.

Jadi kalau motor sobat bersuara seperti nembak dan kecepatannya tidak maksimal bisa jadi diakibatkan oleh karet vakum yang mengeras.

Karet vakum yang mengeras biasanya diakibatkan oleh panas mesin berlebihan hingga ke karburator, atau bisa juga karena terkena cipratan bensin saat servis karburator.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya ganti dengan yang baru sebab karet vakum yang sudah mengeras sudah tidak bisa diperbaiki.
Saran saya mengganti karet vakum sebaiknya menggunakan yang orisinil.

2. Busi



Busi merupakan komponen penting pada sepeda motor sebab busi berfungsi membakar campuran bahan bakar dan udara pada mesin, jika busi tidak bekerja maksimal maka pembakaran juga tidak maksimal sehinga hanya sebagian yang terbakar hal ini dapat menyebabkan letupan karena gas yang tidak terbakar sempurna berhasil keluar lewat knalpot dan terjadilah after burn atau pembakaran kedua.



Kinerja busi yang tidak maksimal biasa disebabkan oleh busi yang kotor oleh kerak sisa pembakaran.

3. Packing knalpot yang sudah rusak



Packing knalpot yang sudah rusak dapat menyebabkan letupan karena terjadi kebocoran gas buang.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar